Selasa, 08 November 2011

silabus kelas IX smter 2





Silabus PEMBELAJARAN




Sekolah                 : ..................................
Kelas                     : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran  : Matematika
Semester               : II (dua)
BILANGAN
Standar Kompetensi : 5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
5.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar


Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
Mendiskusikan pengertian bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol.

·     Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif dan nol.


Tes tertulis
Isian singkat
Hitunglah:
1.      43     = .
2.      8-2     =
3.      250   =
4.      (-3)4  = .
5.      (-6)-2 =
6.      ()2 =
2x40 menit
Buku teks
Mendiskusikan untuk menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat negatif.


·     Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif.

Tes tertulis
Isian singkat
Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positif
1. 5-4     =
2. (-3)-5  =
3. ()-2 = .
2x40 menit

Mendiskusikan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
·     Menjelaskan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar.

Tes tertulis
Isian singkat
1. Ubahlah dalam bentuk akar
      61/2    =
2. Ubahlah menjadi pangkat  pecahan    = .
4x40 menit

5.2 Melakukan operasi al-jabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
Menentukan hasil operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
·     Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.

Tes tertulis
Uraian
Hitunglah
a.       35 x 32
b.      
c.        3√5 + 6√5
d.       4√3 x 8√5
6x40 menit
Buku teks
5.3 Memecah- kan masa-lah seder-hana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar

Memecahkan masalah dengan menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung  pada bilangan berpangkat dan bentuk akar

·     Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan masalah
Tes tertulis
Uraian
Misal sejenis amuba membelah diri setiap 2 menit sekali. Berapa banyak amuba dalam waktu 30 menit?
4x40 menit
Buku teks, lingkungan
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )



Silabus PEMBELAJARAN



Sekolah                 : ..................................
Kelas                     : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran  : Matematika
Semester               : II (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
6.1 Menentu-kan pola barisan bilangan sederhana.


1. Barisan dan Deret Aritmetika
2. Barisan dan Deret Geometri
Mendiskusikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan



·   Menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.


Tes tertulis
Uraian
Dalam permainan baris berbaris, baris berikutnya berdiri 2 anak lebih banyak dari pada baris sebelumnya. Jika baris pertama ada 2 anak, berapakah banyak anak pada baris ke-6?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Mendiskusikan unsur-unsur pada berisan dan deret dengan menggunakan soal atau lingkungan (peraga)

·   Menjelaskan unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.

Tes tertulis
Isian singkat
Diketahui barisan:
5, 8, 11, 14, 17, 20, .
a. Suku pertama adalah
b. Bedanya adalah .
c. Suku ke-10 adalah
2x40 menit
Mendiskusikan cara memperoleh pola barisan bilangan
·   Menentukan pola barisan bilangan.

Tes tertulis
Uraian
Diketahui barisan 3, 6, 9, .
a.Tentukan suku ke-4, ke-5, dan ke-6
b.Tentukan suku ke-n
2x40 menit
6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri

1. Barisan dan Deret Aritmetika
2. Barisan dan Deret Geometri
Mendiskusikan pengertian barisan aritmetika dan barisan geometri

·   Menjelaskan pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.


Tes tertulis
Tes pilihan ganda
Manakah yang merupakan barisan aritmetika?
a.       1, 3, 5, 7, 9, .
b.       1, 2, 4, 5, 7, .
c.        1, 4, 6, 8, .
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menemukan rumus suku ke-n baris-an aritmetika dan barisan geometri dengan menggunakan alat peraga atau lingkungan , misal nomor urut rumah di salah satu sisi jalan
·   Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.

Tes tertulis
Isian singkat
Suku ke-10 dari deret
2, 5, 8, 11, 14, .
adalah .
2x40 menit
6.3 Menentu-kan jumlah n suku pertama deret arit-matika dan deret geometri

1.  Barisan dan Deret Aritmetika
2.  Barisan dan Deret Geometri
Mencermati deret aritmetika dan deret geometri naik atau turun.
·   Menjelaskan pengertian deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun.

Tes tertulis
Uraian
Manakah yang merupakan deret aritmetika?
a.       3 + 6 + 9 + .
b.       3 + 2 + 4 + 2 + .
c.        1 + 5 + 9 + 13 + .
4x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menemukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri
·   Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.
Tes tertulis
Uraian
Hitunglah jumlah 10 suku pertama dari deret:
3 + 6 + 9 + 12 + .
4x40 menit
6.4 Memecah -kan masa-lah yang berkaitan dengan barisan dan deret
1. Barisan dan Deret Aritmetika
2. Barisan dan Deret Geometri
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunakan rumus pada deret aritmetika , deret geometri


·   Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.
Tes tertulis
Uraian
Di sebuah ruangan disusun kursi-kursi dengan susunan pada baris-an pertama terdapat 5 kursi, baris-an kedua 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang dibutuhkan supaya bisa terdapat 10 baris?
4x40 menit
Buku teks, lingkungan
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Keterangan:
  Sesuai Standar Proses,pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan,   inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….







Tidak ada komentar:

Posting Komentar