Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : ..................................
Kelas : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II (dua)
BILANGAN
Standar Kompetensi : 5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar | Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar | Mendiskusikan pengertian bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol. | · Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif dan nol. | Tes tertulis | Isian singkat | Hitunglah: 1. 43 = . 2. 8-2 = 3. 250 = 4. (-3)4 = . 5. (-6)-2 = 6. ()2 = | 2x40 menit | Buku teks |
Mendiskusikan untuk menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat negatif. | · Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif. | Tes tertulis | Isian singkat | Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positif 1. 5-4 = 2. (-3)-5 = 3. ()-2 = . | 2x40 menit | | ||
Mendiskusikan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar | · Menjelaskan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar. | Tes tertulis | Isian singkat | 1. Ubahlah dalam bentuk akar 61/2 = 2. Ubahlah menjadi pangkat pecahan = . | 4x40 menit | | ||
5.2 Melakukan operasi al-jabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar. | Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar | Menentukan hasil operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar. | · Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar. | Tes tertulis | Uraian | Hitunglah a. 35 x 32 b. c. 3√5 + 6√5 d. 4√3 x 8√5 | 6x40 menit | Buku teks |
5.3 Memecah- kan masa-lah seder-hana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar | Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar | Memecahkan masalah dengan menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar | · Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan masalah | Tes tertulis | Uraian | Misal sejenis amuba membelah diri setiap 2 menit sekali. Berapa banyak amuba dalam waktu 30 menit? | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) |
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : ..................................
Kelas : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Menentu-kan pola barisan bilangan sederhana. | 1. Barisan dan Deret Aritmetika 2. Barisan dan Deret Geometri | Mendiskusikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan | · Menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan. | Tes tertulis | Uraian | Dalam permainan baris berbaris, baris berikutnya berdiri 2 anak lebih banyak dari pada baris sebelumnya. Jika baris pertama ada 2 anak, berapakah banyak anak pada baris ke-6? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Mendiskusikan unsur-unsur pada berisan dan deret dengan menggunakan soal atau lingkungan (peraga) | · Menjelaskan unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio. | Tes tertulis | Isian singkat | Diketahui barisan: 5, 8, 11, 14, 17, 20, . a. Suku pertama adalah b. Bedanya adalah . c. Suku ke-10 adalah | 2x40 menit | |||
Mendiskusikan cara memperoleh pola barisan bilangan | · Menentukan pola barisan bilangan. | Tes tertulis | Uraian | Diketahui barisan 3, 6, 9, . a.Tentukan suku ke-4, ke-5, dan ke-6 b.Tentukan suku ke-n | 2x40 menit | |||
6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri | 1. Barisan dan Deret Aritmetika 2. Barisan dan Deret Geometri | Mendiskusikan pengertian barisan aritmetika dan barisan geometri | · Menjelaskan pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri. | Tes tertulis | Tes pilihan ganda | Manakah yang merupakan barisan aritmetika? a. 1, 3, 5, 7, 9, . b. 1, 2, 4, 5, 7, . c. 1, 4, 6, 8, . | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menemukan rumus suku ke-n baris-an aritmetika dan barisan geometri dengan menggunakan alat peraga atau lingkungan , misal nomor urut rumah di salah satu sisi jalan | · Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri. | Tes tertulis | Isian singkat | Suku ke-10 dari deret 2, 5, 8, 11, 14, . adalah . | 2x40 menit | |||
6.3 Menentu-kan jumlah n suku pertama deret arit-matika dan deret geometri | 1. Barisan dan Deret Aritmetika 2. Barisan dan Deret Geometri | Mencermati deret aritmetika dan deret geometri naik atau turun. | · Menjelaskan pengertian deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun. | Tes tertulis | Uraian | Manakah yang merupakan deret aritmetika? a. 3 + 6 + 9 + . b. 3 + 2 + 4 + 2 + . c. 1 + 5 + 9 + 13 + . | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menemukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri | · Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri. | Tes tertulis | Uraian | Hitunglah jumlah 10 suku pertama dari deret: 3 + 6 + 9 + 12 + . | 4x40 menit | |||
6.4 Memecah -kan masa-lah yang berkaitan dengan barisan dan deret | 1. Barisan dan Deret Aritmetika 2. Barisan dan Deret Geometri | Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunakan rumus pada deret aritmetika , deret geometri | · Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret. | Tes tertulis | Uraian | Di sebuah ruangan disusun kursi-kursi dengan susunan pada baris-an pertama terdapat 5 kursi, baris-an kedua 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang dibutuhkan supaya bisa terdapat 10 baris? | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) |
Keterangan:
Sesuai Standar Proses,pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Mengetahui, Kepala SMP/MTs ……………. ( ......................................................... ) NIP/NIK :…………..………………. | | ........., ......, ............... 20... Guru Mapel Matematika. ( ............................................ ) NIP/NIK :…….……………. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar