Sabtu, 05 November 2011

contoh rpp matematika semster ganjil untuk smp


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 4x40 menit
Standar Kompetensi   : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
     masalah.
Kompetensi Dasar       : 1.1. Mengidentifikasikan bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen.

Indikator                     : 1.1.1. Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model
             Bangun datar.
  1.1.2. Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen.


I.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model
bangun datar.
2.      Siswa mampu mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen.

II.                Materi pembelajaran
Kesebangunan

III. Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan

Pertemuan Pertama
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang sebangun dan kongruen serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merangkum.
-          Memberikan latihan soal.
-          Salam penutup.
Pertemuan kedua
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang sebangun dan kongruen serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merangkum.
-          Memberikan latihan soal.
-          Salam penutup.



V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket, lks, penggaris, jangka,

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal
Bangun-bangun manakah yang sebangun? Mengapa?


 






Apakah kedua bangun berikut ini
kongruen? Mengapa?



 









Mengetahui,                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran




Kepala Sekolah                                                                                                                         Setiya Rahayu




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 2x40 menit
Standar Kompetensi   : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
     masalah.
Kompetensi Dasar       : 1.2. Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.

Indikator                     : 1.2.1. Membedakan pengertian segitiga sebangun dan kongruen.
  1.2.2. Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.

I.                   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu membedakan pengertian segitiga sebangun dan kongruen
2.      Siswa mampu menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.


II.                Materi pembelajaran
Kesebangunan

III. Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang pengertian himpunan  dan  keanggotaan himpunan serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket dan lks

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal

Kalau 1ABC sebangun dengan 1PQR, apakah:
a. sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang?
b. sudut-sudut yang bersesuaian sama besar?
Kalau dua segitiga kongruen,
apakah dua segitiga tersebut tentu sebangun?





Guru Bidang Studi



Setiya Rahayu, S.Si














































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 2x40 menit
Standar Kompetensi   : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
     masalah.
Kompetensi Dasar       : 1.3. Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah.
Indikator                     : 1.3.1. Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung
panjangnya.
  1.3.2. Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan.

I.                   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
2.      Siswa mampu memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan.
II.                Materi pembelajaran
Kesebangunan

III. Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang pengertian himpunan  dan  keanggotaan himpunan serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket dan lks

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal

  1. 7ABC sebangun dengan 7PQR. Panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm, maka panjang sisi QR adalah ….
  2. Sebuah foto ukuran 3 X 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang diperbesar tersebut adalah …..cm2




Guru Bidang Studi

Setiya Rahayu, S.Si




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 2x40 menit
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar       : 2.1. Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola.
Indikator                     : 2.1.1. Menyebutkan unsur-unsur; jari- jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari 
 tabung, kerucut dan bola.
I.                   Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan unsur-unsur; jari- jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari  tabung, kerucut dan bola.

II.                Materi pembelajaran
Tabung, kerucut dan bola

III. Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang pengertian himpunan  dan  keanggotaan himpunan serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket dan lks

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal








 







a. Arsirlah alas kerucut
b. Gambarlah tinggi kerucut






Guru Bidang Studi

Setiya Rahayu, S.Si

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 2x40 menit
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar       : 2.2. Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola.
Indikator                     : 2.2.1. Menghitung luas selimut tabung, kerucut dan bola.
2.2.2.   Menghitung volume tabung, kerucut dan bola.
2.2.3.   Menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui.

I.                   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menghitung luas selimut tabung, kerucut dan bola.
2.      Siswa mampu menghitung volume tabung, kerucut dan bola.
3.      Siswa mampu menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui.

II.                Materi pembelajaran
Tabung, kerucut dan bola

III.             Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang pengertian himpunan  dan  keanggotaan himpunan serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket dan lks

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal
1.      Sebuah bola berjari-jari 10 cm. Hitunglah luas selimut bola tersebut....
2.      Sebuah tabung jari-jari alasnya 10 cm dan tinggi tabung 30 cm.Berapakah volum tabung tersebut?
3.   Sebuah tabung volumenya 1540 cm3. Berapakah jari-jari tabung tersebut?








Guru Bidang Studi

Setiya Rahayu, S.Si














































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 2x40 menit
Standar Kompetensi   : 2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar       : 2.3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola.

Indikator                     : 2.3.1. Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah 
                           yang berkaitan dengan tabung, kerucut  dan  bola.

I.                   Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah 
 yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan  bola.

II.                Materi pembelajaran
Tabung, kerucut dan bola

III.             Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang pengertian himpunan  dan  keanggotaan himpunan serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket dan lks

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal
Pak Candra akan membuat tabung dari kaleng, yang jari-jari alasnya sama dengan 30 cm dan tingginya 1 m. Kaleng yang diperlukan untuk membuat tabung tersebut sebanyak ..... cm2.










Guru Bidang Studi

Setiya Rahayu, S.Si















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 8x40 menit (4 kali  pertemuan)
Standar Kompetensi   : 3. Melakukan pengolahan dan penyajian data.
Kompetensi Dasar       : 3.2. Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram batang, garis dan lingkaran.
Indikator                     : 3.1.1 Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan 
                                               turus.
3.1.2.   Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil  terbesar dan jangkauan.
3.1.3.   Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.

I.                   Tujuan Pembelajaran
1.                  Siswa mampu mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan 
                        turus.
2.                  Siswa mampu mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil  terbesar dan jangkauan.
3.                  Siswa mampu menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.


II.                Materi pembelajaran
Peluang

III.             Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan

Pertemuan Pertama
Pendahuluan
Salam pembuka dan guru mengabsen siswa.
Apersepsi              : Mengingatkan kembali tentang operasi bilangan
Motivasi                : Menjelaskan manfaat materi ini dalam kehidupan sehari- hari        

Kegiatan Inti       
  1. Siswa dibagi dalam kelompok diskusi berjumlah 4 s.d. 5 orang
  2. Siswa ditugaskan mengerjakan LKS tentang cara pengumpulan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat secara kelompok
  3. Siswa mendiskusikan cara menyusun daftar hasil pengumpulan data dan mengurutkannya dari kecil ke besar atau sebaliknya dalam bentuk tabel. Guru sebagai fasilitator.
  4. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kelompok lain menanggapinya
  5. Guru memberikan klarifikasi dan penekanan hasil diskusi tiap kelompok.
  6. Hasil kerja kelompok ditempel di papan display
  7. Penghargaan diberikan pada kelompok yang mengerjakan paling baik
  8. Tes lisan

Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.


Pertemuan Kedua

Pendahuluan
Salam Pembuka dan berdo’a bersama
Revisi                               : Membahas tugas (PR) yang sulit
Apersepsi                         : Mengingatkan kembali cara mengumpulkan data
Motivasi                           : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan Menceritakan manfaat belajar materi ini dalam kehidupan sehari- hari

Kegiatan Inti
  1. Membagi kelompok  berjumlah 4 s.d. 5 orang
  2. Siswa ditugaskan mengumpulkan data di sekitar lingkungan sekolah, misalnya : tinggi badan, berat  badan dan warna kesukaan.
  3. Diskusi kelompok mengurutkan data tunggal yang diperoleh dari hasil pendataan dari kecil ke besar atau sebaliknya,
  4. Siswa diarahkan untuk menentukan data terkecil, terbesar dan jangkauan data
  5. Guru membimbing  kerja kelompok
  6. Guru menugaskan presentasi tiap kelompok, kelompok lain menaggapinya
  7. Hasil kerja kelompok ditempel di papan display
  8. Penghargaan diberikan pada kelompok yang paling baik
  9. Tes perorangan

Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

Pertemuan ketiga :
  1. Pendahuluan :
Salam pembuka dan berdo’a bersama.
apersepsi        :    Mengingat kembali tentang cara mengurutkan data, menentukan           
                            Data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
      Motivasi         :    Menyampaikan tujuan dan menceritakan manfaat materi ini pada
                                  Kehidupan sehari-hari.

  1. Kegiatan inti. :
  1. Pembagian kelompok 10 orang per kelompok.
  2. Guru mengajak siswa belajar diluar kelas untuk mempraktekan cara menentukan modus dari data tunggal dengan menggunakan media kacang kulit.
  3. Siswa menyimpulkan pengertian modus.
  4. Guru dan siswa mempraktekan cara menentukan median data tunggal dengan media kacang kulit.
  5. Siswa menyimpulkan pengertian median.
  6. Guru bersama siswa mempraktekan cara menentukan mean dari data tunggal.
  7. Siswa menyimpulkan pengertian Mean dari data tunggal.
  8. Siswa diminta mengerjakan soal latihan.
  9. Guru membimbingdan mengarahkan.
  10. Kuis diberikan secara lisan.

  1. Kegiatan Penutup
    1. Siswa diarahkan mebuat rangkuman
    2. Siswa diberi tugas (PR)


Pertemuan ke-empat
  1. Pendahuluan
Revisi              : Membahas tugas (PR) yang sulit
Apersepsi        : Mengingat kembali pengertian mean, median dan modus dari data
                           Tunggal
Motivasi          : Menyampaiakan tujuan pembelajaran serta kaitannya
                          dengankehidupan sehari-hari

  1. Kegiatan Inti

    1. Pembagian kelompok berjumlah 4 s.d. 5 orang
    2. Siswa melaksanakan diskusi kelompok  untuk mengerjakan soal berkaitan dengan pengurutan data tunggal ( Buku ..........Halaman.......  Latihan....No........)
    3. Presentasi tiap kelompok
    4. Guru membimbing dan mengarahkan pembahasan tiap kelompok
    5. Penghargaan kepada kelompok yang terbaik
    6. Tes perorangan

  1. Penutup
    1. Siswa diarahkan membuat rangkuman
    2. Siswa diberi tugas (PR)

V.    Alat dan sumber bahan
 Buku teks, pengukur tinggi badan, timbangan badan, kacang kulit, dan lingkungan     sekitar

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal
1.      Perolehan 12 siswa adalah sebagai berikut. 54, 66, 72, 80, 72, 76, 72, 76, 72,76, 64, 76 Buatlah tabel skor dengan turus. Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72?
2.      Umur 10 siswa SD adalah sebagai berikut. 6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9.
a. Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar
b. Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda dan yang tertua
      3.   Hasil ulangan 8 siswa adalah sebagai berikut. 7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7.
a. Hitunglah rata-rata, median dan modus.
b. Apakah makna nilai rata-rata, median, modus tersebut?






Guru Bidang Studi

Setiya Rahayu, S.Si







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 2x40 menit
Standar Kompetensi   : 3. Melakukan pengolahan dan penyajian data.
Kompetensi Dasar       : 3.2. Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram batang, garis dan lingkaran.
Indikator                     : 3.2.1 Menyajikan data tunggal dalam bentuk table, diagram, batang, garis dan lingkaran.
3.2.2.   Membaca diagram suatu data.

I.                   Tujuan Pembelajaran
1.                  Siswa mampu menyajikan data tunggal dalam bentuk table, diagram, batang, garis dan lingkaran.
2.                  Siswa mampu membaca diagram suatu data.


II.                Materi pembelajaran
Peluang

III.             Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang pengertian himpunan  dan  keanggotaan himpunan serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket dan lks

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal

1.      Berikut ini data umur 20 siswa SMP Bina Taruna (dalam tahun).13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 4,
13, 13. 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14. Gambarlah diagram batang dari data tersebut.












 

2.



 






1. sepakbola
2. renang
3. senam
4. voli
5. basket
Berapa persen siswa yang hobinya main sepakbola?









Guru Bidang Studi

Setiya Rahayu, S.Si

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 2x40 menit
Standar Kompetensi   : 4. Memahami peluang kejadian sederhana
Kompetensi Dasar       : 4.1. Menentukan ruang sampel suatu kejadian.
Indikator                     : 4.1.1. Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu suatu percobaan.
4.1.2.   Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya.

I.                   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu suatu percobaan.
2.     Siswa mampu menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya.

II.                Materi pembelajaran
Peluang

III.             Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang pengertian himpunan  dan  keanggotaan himpunan serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket dan lks

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal
1.                  Kalau satu mata uang dilambungkan satu kali, maka:
a. apa sajakah titik sampelnya?
b. apakah ruang sampelnya?
2.        Dua dadu dilambungkan satu kali. Titik sampelnya adalah .....Ruang sampelnya adalah .....







Guru Bidang Studi

Setiya Rahayu, S.Si
















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/ganjil
Alokasi Waktu            : 2x40 menit
Standar Kompetensi   : 4. Memahami peluang kejadian sederhana
Kompetensi Dasar       : 4.2. Menentukan peluang suatu kejadian sederhana.
Indikator                     : 4.2.1. Menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu
                           percobaan.
4.2.1.   Menghitung nilai peluang suatu kejadian.
I.                   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu
 percobaan.
2.                  Siswa mampu menghitung nilai peluang suatu kejadian.
II.                Materi pembelajaran
Peluang

III.             Metode pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV. Langkah-langkah kegiatan
·         Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Mengingatkan kembali tentang bangun datar
-          Motivasi
·         Kegiatan inti
Dengan ceramah dan tanya jawab dijelaskan tentang pengertian himpunan  dan  keanggotaan himpunan serta memberikan contoh-contoh.
·         Penutup
-          Membimbing siswa merrangkum.
-          Memberikan tugas(PR).
-          Salam penutup.

V.    Alat dan sumber bahan
Buku paket dan lks

VI. Penilaian
Tertulis

VII.                      Bentuk soal
1.                  Sebuah dadu dilambungkan satu kali. Peluang muncul mata 4 adalah......
2.                  Dua buah dadu dilambungkan satu kali. A adalah kejadian muncul jumlah mata dadu sama         
            dengan 9. Berapakah peluang terjadinyaperistiwa A?









Guru Bidang Studi

Setiya Rahayu, S.Si



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar